Wakatobi Persiapkan Enam Puskesmas Terakreditasi di 2017

  • Bagikan
Pelaksanaan sosialisasi persiapan akreditasi di Puskesmas Kaledupa Selatan, Wakatobi, Sultra. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Enam puskesmas di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara dipersiapkan untuk diakreditasi 2017. Dinas Kesehatan setempat, ikut melakukan pendampingan dan pembinaan sebelum sampai penilaian oleh tim akreditasi.

Keenam puskesmas, yakni Popaliya yang berada di Kecamatan Togo Binongko, Osuko di Kecamatan Tomia Timur, Puskesmas Tomia di Kecamatan Tomia, Puskesmas Kaledupa di Kecamatan Kaledupa, dan Puskesmas Wangi-wangi di Kecamatan Wangi-wangi, dan Puskesmas Wangi-wangi Selatan di Kecamatan Wangi-wangi Selatan.

Puskesmas tersebut merupakan usulan dari 20 puskesmas di Wakatobi. Pemilihan usulan berdasarkan kesediaan dan kesiapan sarana dan prasarana, tenaga kesehatan medis maupun non medis, dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kalau setelah tahun 2019 masih ada puskesmas yang belum terakreditasi, maka pelayanan kesehatan di puskesmas tersebut tidak dapat dijamin kualitasnya, bahkan bisa jadi akan turun statusnya menjadi puskesmas pembantu,” terang Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi, Muliaddin, Rabu (20/9/2017).

Disatu sisi kata dia, akreditasi akan berdampak pada kerja sama dengan BPJS Kesehatan peserta jaminan kesehatan nasional (JKN)

“Saat ini beberapa daerah masih berupaya ada penambahan batas waktu  akreditasi, mengingat masih ada puskesmas di banyak daerah yang perlu pembenahan sampai dengan 2019,” tambah Muliaddin.

Selama proses akreditasi, pihaknya telah melakukan pendampingan dan pembinaan sejak Juni sampai Oktober mendatang. Berikutnya, November-Desember 2017, tim survei dari Kementerian Kesehatan dijadwalkan mulai melakukan penilaian di keenam puskesmas itu.

Laporan: Amran Mustar Ode

  • Bagikan