USN Siagakan Tim Mahasiswa Tanggap Darurat Bencana

  • Bagikan
Pengurus UKM USN saat foto bersama dengan rektor dan sejumlah pejabat USN usai pembentukan tim tanggap darurat. (Foto: Mirwan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menyiagakan semua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berpotensi, dalam upaya penanggulangan bencana jika sewaktu-waktu terjadi. Selasa (16/5/2017), telah dibentuk tim Tanggap Darurat Bencana melibatkan sejumlah UKM di USN.

“Jadi kita akan bentuk Tim Tanggap Darurat Bencana, itu diisi oleh personil UKM-UKM yang ada di USN, jadi mereka akan disiagakan dan diterjunkan nanti jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam di mana saja, mereka akan dikirim untuk memberikan bantuan,” papar Azhari.

UKM yang akan diterjunkan diantaranya UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), UKM Search And Resque (SAR), UKM Korps Suka Rela (KSR), UKM Palang Merah Indonesia (PMI), UKM Resimen Mahasiswa (Menwa), ditambah sejumlah mahasiswa tenaga medis peralihan dari Akper Pemda Kolaka.

Untuk pendanaan tim tersebut, pihak USN sudah menyiapkan anggaran tersendiri untuk digunakan. “Kita siapkan sekitar Rp 150 juta anggarannya tahun ini, nantinya akan digunakan oleh tim jika terjadi tanggap darurat,” ungkapnya.

Selain itu, di kampus juga menyiapakan satu posko atau ruangan tersendiri untuk digunakan tim siaga tanggap darurat. Rektor juga menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan kesiapan tim tanggap darurat tersebut, termasuk untuk meningkatkan skill dan kemampuannya.

“Termasuk nantinya juga kita akan terus bekerjasama dengan beberapa lembaga lainnya di luar kampus untuk pembinaan skill dan kemampuan mereka seperti mengadakan latihan bersama,” ungkap Rektor.


Laporan: Suparman Sultan/Mirwan

  • Bagikan