Tips Ibu Hamil Dengan Diabetes

  • Bagikan
Tips Ibu Hamil Dengan Diabetes foto google image.com

SULTRAKINI.COM:Jika sebelum dan selama kehamilan ibu dapat menjaga dan mengontrol gula darah dengan baik, maka peluang melahirkan bayi yang sehat akan meningkat. Selain itu, kemungkinan timbulnya masalah lain akibat diabetes atau bertambah parahnya kondisi diabetes selama kehamilan pun semakin berkurang.

Menjaga gula darah agar kehamilan tetap lancar dapat dilakukan dengan melakukan tips ibu hamil berikut ini:

Sebelum hamil, berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna memeriksa efek diabetes pada tubuh, mendapatkan saran bagaimana menjaga gula darah, mengganti obat (jika diperlukan), dan anjuran lainnya.

Ketika sedang mengandung, sering-seringlah bertemu dengan dokter, mulai dari dokter kandungan, dokter spesialis diet, dan dan spesialis Ibu hamil dengan diabetes harus lebih sering berkonsultasi dengan dokter guna mencegah atau mendeteksi masalah lebih awal. Pemeriksaan konstan, ultrasound, tes darah, atau tes pencitraan prenatal mungkin diperlukan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin.

Sering memeriksa kadar gula darah tubuh. Hamil membuat tubuh membutuhkan lebih banyak energi, tingkat gula darah pun bisa berubah dengan sangat cepat. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk sering-sering mengecek kadar gula darah, setidaknya tiga kali sehari guna mencegah kadar gula terlalu tinggi atau rendah.

Konsumsi obat atau insulin sesuai anjuran dokter. Jangan lupa untuk siap sedia sumber gula cepat seperti permen atau tablet glukosa.

Makan sehat. Dokter atau spesialis diet mungkin akan memberikan saran atau memodifikasi makanan/minuman yang dikonsumsi guna mencegah kadar gula darah tinggi atau rendah. Contohnya, sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, daging, produk olahan susu tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, dan makanan yang mengandung asam folat. Tips ibu hamil dengan diabetes yang satu ini sangat penting untuk menjaga stabilitas kadar gula darah.

Olahraga setidaknya 150 menit/minggu atau 30 menit selama lima hari dalam seminggu. Sebelum olahraga, konsultasikan dahulu pada dokter. Selain itu, selalu periksa kadar gula darah sebelum dan sesudah berolahraga, terutama jika Anda menggunakan insulin.

Mengapa kadar gula darah perlu dikontrol selama masa kehamilan?

Kadar gula darah yang tak terkontrol pada ibu hamil dengan diabetes tipe 1 atau 2 dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada anak dan ibu hamil itu sendiri. Komplikasi-komplikasi tersebut antara lain adalah:

Macrosomia, yaitu ukuran tubuh si kecil lebih besar daripada bayi kebanyakan.

Ukuran si kecil yang lebih besar meningkatkan risiko sulit melahirkan secara normal. Ibu hamil pun harus diinduksi atau melahirkan dengan bantuan operasi caesar.

Tepat setelah melahirkan, kadar gula darah pada si kecil kemungkinan akan sangat rendah.

Level kalsium dan magnesim dalam tubuh si kecil kemungkinan tidak seimbang.

Memengaruhi pembentukan organ-organ si kecil hingga menyebabkan cacat otak, tulang belakang, jantung, dan sistem saraf.

Keguguran.

Si kecil lahir prematur atau meninggal di dalam rahim.

Si kecil mengalami masalah kesehatan segera setelah lahir (seperti masalah jantung dan pernapasan).

Si kecil berisiko terkena obesitas atau diabetes di kemudian hari.

Ibu hamil berisiko menderita gangguan preeklamsia (tekanan darah tinggi) yang mampu menimbulkan kejang atau stroke selama persalinan.

Oleh karena itu, yuk kontrol kadar gula dalam darah dengan tips ibu hamil seperti di atas agar masa kehamilan dan proses persalinan dapat berjalan dengan lancar.

Alodokter.com

  • Bagikan