Tentang Desa Namu yang Butuh Puskesmas dan Listrik

  • Bagikan
Desa Wisata Namu, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan. (Foto: Rian Adriansyah/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Ketika menyebut Desa Wisata Namu, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan, tentu yang pertama dibenak adalah indahnya wisata bahari. Sejumlah orang juga mengenal desa Wisata Namu sebagai tempat para pembuat perahu kayu atau bodi kata orang setempat. Tetapi desa ini rupanya belum memiliki puskesmas, tenaga medis dan kapasitas listrik memadai untuk kebutuhan masyarakat.

“Dulu ada bidan di desa kami, tapi sekarang dia sudah jadi koordinator di Laonti. Akhirnya hanya sebulan sekali mengunjungi Namu, disini fasilitas kesehatan sangat minim,” kata Ketua Lembaga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Namu, Arlan, SE kepada Sultrakini.com, Senin (27/03/2017).

Desa yang di huni 122 KK tersebut masih keterbatasan pasokan listrik. Sejumlah masyarakat menggunakan genset pribadi dan solar sell atau panel tenaga surya untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kita punya petinggi di sana yakni bapak Bupati. Kami harapkan untuk melihat desa kami, karena kami juga bagian dari Konawe Selatan. Harapan kami agar kekurangan di Desa Namu segera ditambah khususnya puskesmas dan tenaga kesehatan, kita jaga-jaga jangan sampai ada pengunjung yang kena insiden,” jelas Arlan.

Laporan: Rian Adriansyah

  • Bagikan