Rizal Ramli: Media Siber Jangan Abaikan Kebenaran Faktual

  • Bagikan
Anggota Dewan Penasehat SMSI Pusat, Atal S Depari dan Rizal Ramli berbincang saat pembukaan rapat pleno pengurus pusat SMSI. (Foto: ist)

SULTRAKINI.COM: BANTEN – Anggota dewan penasihat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Rizal Ramli berpesan agar SMSI membantu anggotanya menjadi media massa yang kredibel di tengah pertarungan pasar media yang semakin keras.

Mengejar hits berita, sebutnya, harus dilakukan tanpa mengabaikan hal yang paling esensial dari jurnalistik, yakni kebenaran faktual. Selain itu, media siber juga perlu menawarkan berbagai analisa yang konstruktif dan mencerdaskan masyarakat.

Kredibilitas, kata dia, adalah kunci keberhasilan perusahaan media Siber. Kredibilitas yang tinggi memiliki kaitan dengan kepercayaan yang tinggi, baik dari kalangan pembaca maupun kalangan mitra bisnis. 

Rizal Ramli juga berpesan agar perusahaan media Siber anggota SMSI memberikan perhatian serius pada berbagai peristiwa yag terjadi di daerah. 

“Media siber harus go local, memberikan ruang yang cukup bagi berita-berita daerah,” ujar Rizal Ramli saat membuka rapat pleno pengurus pusat SMSI di Wisma Tamu Puspitek, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (8/6/2017).

Hal lain yang disampaikan Rizal Ramli, adalah agar media-media Siber anggota SMSI menangkal berita hoax yang bisa memecah belah persatuan dan merusak kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Sementara Jaya Suprana yang hadir dalam buka puasa bersama di sela rapat pleno menyampaikan keyakinannya SMSI mampu menjadi pedoman bagi perusahaan media Siber di Indonesia.

“Insya Allah ini akan menjadi soko guru pilar komunikasi bagi bangsa Indonesia. Saya yakin itu,” kata Jaya Suprana yang dikenal sebagai pakar kelirumologi. 

Dia juga berpesan agar media Siber anggota SMSI untuk menjadi pelopor pemberitaan yang faktual dan kredibel.

  • Bagikan