Rekrutmen Panwascam Mubar Untuk Ditempatkan Tiga Orang Setiap Kecamatan

  • Bagikan
Anggota Panitia Pengawas Pemilu Muna Barat, Ishak. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Jelang tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara 2018, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Muna Barat (Mubar) membuka pendaftaran Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwascam).

“Rekrutmen panwascam ini merupakan rangkaian untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkada mendatang. Tentu hal ini untuk membatu tugas-tugas Panwaslu di setiap kecamatan,” terang Anggota Panwaslu Mubar, Ishak kepada SultraKini.Com, Jumat (22/9/2017).

Pendaftaran Panwascam terlaksana secara terbuka untuk seluruh kalangan masyarakat Mubar. Namun tetap dalam kontek peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Misalnya batasan usia pendaftar 25 tahun, pendidikan minimal tamatan SMA sederajat, dan tidak menjadi anggota parpol.

“Kita berharap partisipasi dari semua masyarakat Mubar untuk mendaftar, lebih banyak lebih baik, karena semakin banyak yang mendaftar, kami bertiga (komisioner, red) akan semakin mudah menyeleksi calon panwascam yang berkualitas dan berintegritas,” ujar Ishak.

Berdasarkan jadwal rekrutmen, sejak 17-23 September dibuka penerimaan berkas persyaratan calon anggota; 23-25 September pebaikan berkas pendaftar dan melengkapi kekurangan berkas persyaratan; 29 September pengumuman hasil pemeriksaan dan penelitian berkas administrasi; 29 September- 3 Oktober penerimaan tanggapan masyarakat; 30 Septenber pengumuman hasil seleksi asministrasi; 1 Oktober tes tertulis sekaligus penilaian; 2 Oktober pengumuman hasil tes tertulis; 3-7 Oktober persiapan pelaksanaan tes wawancara; 8 Oktober penilaian hasil tes wawancara dan 10 Oktober pelantikan.

“Jika kurang dari sembilan orang pendaftar, kita buka ulang pendaftaran. Tentu yang kita rekrut adalah panwascam yang lulus rangkaian tes tersebut. Dari hasil tes itu akan diambil tiga orang tiap-tiap kecamatan. Jadi yang kita butuhkan di 11 kecamatan se-Mubar sebanyak 33 orang,” pungkasnya.

Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan