Pendaki Mekongga yang Tersisa Ditemukan Meninggal Dunia

  • Bagikan
Jalur Pendakian Gunung Mekongga. (Foto: dok/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Dua pendaki Gunung Mekongga yang ditemukan belakangan, dipastikan telah meninggal dunia. Mereka adalah Edi Mulyadi warga Kecamatan Wuawua dan Laode Fitria alias Toto warga kompleks kampus baru Andonohu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Komandan Komando Rayon Militer 1412-03/Lasusua, Kapten Inf. Hendrik yang dikonfirmasi membenarkan hal ini. Kata dia, sejak siang tadi tim gabungan yang tiba diantara pos 7 dan 8 Gunung Mekongga mengabarkan dua mahasiswa pecinta alam yang ditemukan terakhir telah meninggal dunia.

“Diperkirakan mayat dua orang itu tiba di pos utama besok malam. Sebab siang tadi sejumlah tim lainnya sudah menuju lokasi dengan membawa kantong mayat,” katanya, Senin (13/03/2017).

Dia menambahkan yang ditemukan meninggal dunia ini seluruhnya warga Kota Kendari. “Info meninggalnya dua pendaki itu dikabarkan oleh tim yang menemukan melalui jaringan komunikasi Handy Talky,” tegasnya.

Tim yang menemukan dua mayat tersebut saat ini tengah menunggu tim lain yang menyusul guna melakukan evakuasi. “Harus ditunggu dulu kantong mayat. Supaya proses evakuasi bisa berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Untuk saat ini tim Basarnas belum bisa merilis data secara resmi terkait meninggalnya dua pendaki tersebut. Namun diduga mereka meninggal dunia lantaran kesulitan makanan dan terserang Hipotermia.

Sebelumnya, dikabarkan enam Mahasiwa Pecinta Alam Navernus Universitas Halu Oleo, melakukan pendakian di gunung Mekongga, yang merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Tenggara.

Dalam perjalanan kembali ke kampung mereka terjebak badai dan terserang Hipotermia. Dua dari enam orang itu, Igun dan Rahim, berhasil tiba di kampung Tinukari untuk meminta bantuan.

Saat tim SAR gabungan melakukan pencarian dan evakuasi berhasil menemukan dua orang lagi, Musafir dan Khaerat, dalam kondisi selamat di Pos 6 (Baca: Pendaki Mekongga yang Terjebak Badai dan Hipotermia Ditemukan). Senin (13/3/2017) siang, dua orang yang tersisa, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Laporan: Suparman Sultan

  • Bagikan