Mubar Mulai Pasang Baliho Transparansi Penggunaan DD dan ADD

  • Bagikan
Infografik Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tiworo Kepulauan, Muna Barat, Sultra. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Transparansi penggunaan anggaran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) di 2017 mulai dilakukan melalui pemasangan baliho penggunaan alokasi anggaran di Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara. Namun pemasangan baliho di Mubar, baru sekitar 35 persen terealisasikan di masing-masing desa setempat.

“Pemasangan baliho ini ditargetkan rampung pada bulan Agustus. Ini sedikit terlambat karena di Mubar tidak ada percetakan baliho, jadi kades harus pesan di Raha atau Kendari,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Mayarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mubar, La Ode Tibolo melalui sambungan telepon, Minggu (20/7/2017).

Himbauan menteri ini diharapkan mampu mengurangi adanya indikasi kecurangan dalam penggunaan anggaran tersebut. Sehingga sebagai bentuk kontrol, baliho ditempatkan pada lokasi keramaian dan mudah terlihat oleh warga setempat yang melampirkan nominal anggaran sampai alokasinya tiap item pembangunan.

“Kami juga akan mengecek langsung, apakah baliho itu telah dipasangan atau tidak, namun tidak ada alasan bagi desa tidak memasang baliho karena menyangkut transparansi anggaran,” terang La Ode Tibolo.

Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan