SULTRAKINI.COM: KENDARI - Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, dalam kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, mengharapkan mahasiswa dan alumni turut berkontribusi mengatasi masalah sosial di lingkungan sekitar, Jumat (14/04/2017).
Mensos RI: Masalah Sosial Bukan Hanya Peran Pemerintah
Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa dan Rektor IAIN, DR. Nur Alim duduk berdampingan di panggung aula untuk membawa kuliah umum di IAIN Kendari. (Foto: Rian Adriansyah/SULTRAKINI.COM)

"Kemiskinan, pengangguran dan pendidikan bukan hanya urusan Kementerian Sosial dan Dinas Sosial saja, melainkan bagian dari masalah kita semua," katanya di hadapan ratusan mahasiswa program sarjana dan pascasarjana IAIN Kendari.

Khofifah menambahkan, Indonesia saat ini banyak universitas yang tercatat sebagai World Class University, namun yang lebih diharapkan adalah bagaimana para alumni dapat menjadi penggerak perubahan melalui penerapkan ilmu yang didapatinya selama di bangku perkuliahan.

"Melayani dan mengabdi juga butuh ilmu, karena sesungguhnya kampus merupakan kekuatan untuk permasalahan sosial," terang Khofifah.

Selaras dengan itu, Rektor IAIN Kendari, DR. Nur Alim, juga menekankan bahwa salah satu permasalahan sosial bermula dari rendahnya pendidikan.

"Benang merah adalah benahi pendidikan untuk atasi masalah sosial. Kriminal, pengangguran karena rendahnya pendidikan. Peran alumni IAIN dapat menjadi peran konstruktif (membenahi) untuk menanggulanginya," jelasnya.

Laporan: Rian Adriansyah

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations