Menawannya Pantai Koguna Sampai Penjual Kantongi Jutaan Rupiah

  • Bagikan
Pantai Koguna, Kabupaten Buton. (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sejak memasuki hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah, pantai Koguna mulai dipadati pengunjung. Pantai yang terletak di Desa Mopano, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton ini sudah dikenal warga sekitar karena banyaknya udang merah yang hidup di sekitaran pohon bakau yang menambah daya tariknya. Disisi lain, ternyata mendatangkan keuntungan tersendiri bagi para penjual di kawasan pantai Koguna.

Pengunjung yang kebanyakan berasal dari Buton itu, tentunya langsung disuguhkan keindahan dan sejuknya udara pantai. Apalagi hadirnya udang merah yang cukup akrab dengan para pengunjung yang hidup sekitar 50 meter dari bibir pantai menambah kekhasan pantai tersebut.

Seperti Irma, Salah Seorang Pengunjung yang sengaja mengisi hari libur bersama teman-temannya di pantai tersebut. “Dari jam sembilan tadi kita datang, di sini bagus pemandangannya, baru dia sejuk banyak pohon rindangnya, sudah sering kita ke ini,” kata Irma, Rabu (28/6/2017).

Begitu juga Heru pengunjung lainnya yang datang bersama keluarga di pantai Koguna. “Di sini (pantai Koguna) bagus, ada udang merahnya, baru jinak-jinak, sudah sering saya dan keluarga ke sini, karena bagus, tidak panas dan sejuk,” ucapnya.

Padatnya pengunjung juga menjadikan pundi-pundi keuntungan bagi para penjual di kawasan pantai. Penghasilan mereka bahkan hingga jutaan rupiah dalam sehari dibandingkan penjualan biasanya bila memasuki akhir pekan atau hari libur.

Yulianti merupakan satu dari banyaknya penjual di kawasan itu yang berjualan sudah tiga tahun lamanya. Dalam lebaran kali ini, dirinya bisa mendapatkan keuntungan hingga dua atau tiga juta rupiah per hari. Di waktu biasanya, ia hanya berjualan pada akhir pekan atau hari libur dikarenakan kurangnya pengunjung.

“Lumayan kita dapat untung itu setiap hari kadang sampai dua atau tiga juta, kemarin saja untung dua juta. Kalau hari ini, saya belum hitung karena masih banyak pengunjung ini,” ujarnya.

Senada dengan Wa Ode Nurhamidah juga penjual lainnya di pantai Koguna. Ia mengaku mendapatkan keuntungan hingga 1,5 juta rupiah sejak hari raya Idul Fitri. “Kalau lebaran dan liburan begini lumayan kita punya keuntungan, satu hari sejak hari lebaran itu sampai sekarang saya dapat keuntungan setiap harinya sampai Rp 1,5 juta,” terang Nurhamidah.

Laporan: La Ode Ali

  • Bagikan