Masa Inkubasi DBD Sebelum Munculnya Gejala

Admin - Tak Berkategori
  • Bagikan
Masa Inkubasi DBD Sebelum Munculnya Gejala www.google image.com

SULTRAKINI.COM:alodokterPerjalanan Virus DBDPenyebar utama dari penyakit DBD adalah nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk betina yang telah terinfeksi virus DBD, dapat menularkan virus saat menggigit manusia. Virus tersebut akan berdiam di dalam tubuh manusia dan mengalami masa inkubasi sebelum akhirnya menimbulkan penyakit.

Setelah virus masuk ke dalam tubuh nyamuk, nyamuk tersebut dapat terus menginfeksi manusia sepanjang hidupnya. Manusia yang sudah terinfeksi juga dapat menularkan virus tersebut pada nyamuk yang belum terinfeksi, yaitu pada saat nyamuk Aedes aegypti menggigit.

 Nyamuk Aedes aegypti memiliki habitat dan kebiasaan tersendiri, misalnya berkembang biak di wadah-wadah yang tergenang air. Nyamuk-nyamuk ini paling sering menggigit mangsanya pada pagi hari, serta sore hari menjelang malam.

Inkubasi Ekstrinsik dan Intrinsik

Pada penyakit DBD ada istilah masa inkubasi ekstrinsik dan intrinsik. Masa inkubasi ekstrinsik adalah masa sejak virus DBD masuk ke dalam tubuh nyamuk, sampai nyamuk tersebut menjadi infeksius dan dapat menularkan virus DBD ke manusia. Masa inkubasi ekstrinsik virus DVD ini biasanya terjadi sekitar 8-12 hari.

Sedangkan yang dimaksud dengan masa inkubasi intrinsik adalah masa sejak virus DBD masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi, sampai timbulnya gejala penyakit DBD.

Dari sisi medis, masa inkubasi intrinsik lebih penting diperhatikan daripada ekstrinsik. Lamanya masa inkubasi intrinsik ini bervariasi berdasarkan literatur yang berbeda. Ada yang menyatakan lamanya 4-10 hari, dan literatur yang lain menyebutkan 3-14 hari. Akan tetapi, pada umumnya, lama inkubasi intrinsik ini akan berlangsung sekitar 4-7 hari.

Sementara dari sisi kesehatan lingkungan, kedua masa inkubasi tersebut penting untuk diketahui demi menemukan diagnosa klinis, investigasi wabah.

Masa inkubasi DBD memang sulit dikenali karena tidak menunjukkan gejala apapun, sehingga penderita tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi dan sedang dalam masa inkubasi. Namun setelah gejala  mulai muncul, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Waspadai kemungkinan virus DBD juga sudah menginfeksi orang-orang yang berada di lingkungan yang sama dengan penderita, tetapi masih berada dalam masa inkubasi sehingga belum menunjukkan gejala.

 

sumber berita:alo dokter.com

  • Bagikan