La Ode Ida: Pelayanan Publik Mesti Dimulai dari Integritas Pemimpin

  • Bagikan
Ketua Ombudsman RI, La Ode Ida

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pelayanan publik menjadi salah satu tema yang dibahas pada Leaders Talk Rakorwil PKS Sulawesi Tenggara, Minggu (26/3/2017). Menurut Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI), La Ode Ida, terciptanya pelayanan publik yang baik pada suatu daerah ditentukan integritas pemimpinnya.

Ia berpandangan, seorang pemimpin sedari awal mesti sudah menanamkan di dalam dirinya dengan niat yang baik untuk menggerakan bawahannya dalam memberikan pelayanan. 

“Kalau seorang pemimpin masih ada niatan yang tidak baik di dalam dirinya saat memimpin maka sulit untuk menciptakan pelayanan publik yang baik,” kata Mantan Wakil Ketua DPD RI ini.

Seringkali, katanya, seorang kepala daerah memperlakukan jajaran di pemerintahannya layaknya seorang bawahan. Mestinya kata La Ode Ida, mereka diperlakukan sebagai pegawai administrasi yang bertugas di ruang publik.

“Jadi dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan publik ingatkan mereka dengan aturan yang mengikat mereka,” uajrnya.

Ia juga menyinggung masalah kepala daerah yang kerap menegur bawahannya di hadapan umum. Menurutnya, cara menegur seperti itu juga perlu dipertimbangkan karena berkaitan dengan etika.

“Mestinya kalau ditegur dibawa ke ruang yang privasi dan ditambahkan ditegur dengan aturan yang berlaku,” tandasnya.

Untuk diketahui, La Ode Ida tampil menjadi pembicara di acara ini bersama Walikota Kendari, Asrun dan Mantan Bupati Wakatobi dua periode, Hugua.

  • Bagikan