Kuliah Umum Mensos, Sebut 700 Kali Lipat Jika Atasi Masalah Sosial

  • Bagikan
Kuliah umum Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa di Khofifah Indar Parawansa di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari. (Foto: Rian Adriansyah/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Salah satu permasalahan sosial, terbentuk dari kesenjangan antara kaya dan miskin. Begitulah kata Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, dalam kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Jumat (14/04/2017).

“Kita jangan miskin perasaan, begitu banyak saudara kita di luar sana yang harus dibantu,” ucapnya.

(Baca juga: Mensos RI: Masalah Sosial Bukan Hanya Peran Pemerintah)

Cara jitu mengatasi persoalan tersebut lanjut Khofifah, dengan mengoptimalkan zakat dan sedekah. Keyakinan itu juga dikatakannya sembari memperlihatkan kutipan surat Al-Baqarah ayat 261.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui,” (Al-Baqarah: 261).

“Lah ini kan sudah jelas, dibalas 700 kali lipat sama Allah, kok masih tidak ada yang mau?? Jangan hanya rajin salat, tahajjudnya rajin, tapi dompetnya tertutup rapat,” ujarnya.

Laporan: Rian Adriansyah

  • Bagikan