Korban Angin Puting Beliung Terima Bantuan Setelah Penantian Lima Bulan

  • Bagikan
Penyerahan bantuan bagi korban bencana angin puting beliung oleh Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga. (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Korban bencana angin puting beliung pada Februari 2017 di Kecamatan Andoolo dan Kecamatan Palangga baru menerima bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara, Jumat (21/7/2017).

Menurut Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, persiapan anggaran pemda senilai Rp 1,5 miliar telah habis digunakan untuk menangani bencana alam di daerah tersebut sepanjang 2017. Sehingga pihaknya mengandalkan bantuan dari pemerintah pusat untuk menagani para korban.

“Lebih baik terlambat dari pada tidak ada sama sekali, tentunya ini perlu kita syukuri. Dulu kalau ada bantuan material seperti ini banyak yang bermain, tadinya bantuan atap seng, dijual sengnya diganti pakai atap rumbia jangan lagi ada seperti itu,” kata Surunuddin.

Keterlambatan bantuan disebabkan karena persetujuan dan penyaluran oleh pemerintah pusat melalui Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konsel nanti dilakukan pada Juni 2017. Besarnya bantuan mencapai kisaran Rp 648 juta guna membeli bahan material bangunan untuk disalurkan kepada para korban. Ada juga bantuan sembako dengan total anggaran Rp 70 juta.

Data pihaknya menunjukkan, 51 rumah mengalami kerusakan di dua kecamatan tersebut, yaitu kategori kerusakan ringan 15 rumah, sedang 19 rumah dan kerusakan berat 18 rumah.

“Kita sempat kehabisan anggaran, makanya waktu itu kita data dulu lalu kita laporkan ke BNPB di Jakarta. Alhamdulillah proposal permintaan yang kita minta disetujui,” terang Kepala BPBD Konsel, Armansyah.


Laporan: Adryan Lusa

  • Bagikan