Kepala Desa Diminta Siapkan Tenaga Pengelola DD Handal

  • Bagikan
Pelatihan pengelola dana desa bagi operator desa di Muna Barat. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAD) Kabupaten Muna Barat, Zakarudin, meminta kepala desa menyiapkan tenaga pengelola dana desa (DD) yang handal, agar mempercepat pencairan dana tersebut.

Dia juga meminta setiap desa mempersiapkan program usaha desa (Prudes), sehingga desa menjadi pilar ekonomi yang bisa mendongkrak implikasi pembangunan daerah dan nasional sejalan dengan Nawacita Presiden Jokowi. 

“Paling tidak ada bayangan atau ada dasar untuk menyusun APB Desa, di dalam aplikasi juga ini sudah disiapkan rambu-rambu pengisian APB Desa sesuai nomenklaturnya. Nantinya melalui aplikasi ini bisa langsung kelar,” jelas Zakaruddin kepada para operator desa, Senin (14/05/2017).

Dengan ini dia berharap tidak ada lagi keterlambatan dana desa, sehingga perputaran roda ekonomi bisa berjalan maksimal. Selain itu, dapat mewujudkan penyelenggaraan dan pengelolaan keuangan desa yang bersih dan bebas dari praktek KKN. Sehingga para penyelenggara keuangan desa dapat mempertanggungjawabkan secara administrasi pengelolaan keuangan negara, dan memantapkan para bendahara desa dalam menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan.

“Para operator desa akan didampingi oleh BPKAPD dan pendamping desa,” tutupnya.

Pelatihan pengelolaan dana desa bagi para operator desa dilaksanakan selama lima hari yang dibagi dua tahap. Tahap pertama pada 15-17 Mei 2017, sedangkan tahap kedua 17-19 Mei 2017.


Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan