Jalur Gerak Jalan Indah HUT Kendari Bersampah

  • Bagikan
Tampak sampah botol dan gelas plastik bekas yang dibuang peserta gerak jalan indah. (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Gerak jalan indah tahap pertama memperingati hari ulang tahun Kota Kendari ke-186 digelar, Sabtu (29/04/2017). Namun momen ini justru terlihat pemandangan kurang menyenangkan, misalnya sampah plastik yang berserakan di sepanjang jalur lintasan peserta gerak jalan.

Pantauan SultraKini.Com, sejak di lokasi start depan Kantor Bappeda Sultra hingga finish depan eks MTQ Kendari, sampah plastik bekas minuman para peserta berserakan di jalanan, yakni Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan Mayjen S. Parman, Sam Ratulangi, Abdul Silondae sampai Jalan Ahmad Yani.

Bahkan di sejumlah titik yang menjadi tempat barisan berhenti, pemandangan sampah plastik lebih banyak berserakan sebab kesempatan itu dimanfaatkan peserta sekedar melepas haus.

Misalnya berhentinya barisan yang berada di depan bekas Rumah Sakit Umum Daerah Sultra, peserta dengan tetap pada posisi barisannya mengambil air yang dibagikan keliling entah itu guru, pendamping ataupun orangtua mereka langsung.

Tika, Salah Seorang Penonton Gerak Jalan di lokasi sempat menyoroti kejadian sambil sedikit bercanda. “Maunya kasihan bekas minumannya mereka kumpul. Tidak bagusnya dilihat terhamburnya di jalanan begitu,” katanya kepada SultraKini.Com, Sabtu (29/04/2017).

Gerak jalan tahap pertama ini diikuti 113 Sekolah Dasar sederajat dan 40 Sekolah Menengah Pertama sederajat Se-Kota Kendari.

Rencananya tahap kedua gerak jalan berlangsung pada Minggu, 30 Oktober 2017 dengan melibatkan siswa Sekolah Menegah Atas sederajat, SKPD, instansi, lembaga tingkat Kota Kendari dan perwakilan dari 11 kecamatan Se-Kota Kendari.

Gerak jalan ini sendiri merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan yang dihelat dalam rangka HUT Kota Kendari sejak 12 April dan berakhir 9 Mei 2017.

Laporan: Didul Interisti

  • Bagikan