SULTRAKINI.COM: KENDARI - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Damsid, memastikan tidak ada kendala listrik ataupun internet saal pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di hari pertama, Senin (10/4/2017).
Hari Pertama UNBK, Kadiknas Pastikan Listrik dan Internet Aman
Kepala Dinas Dikbud Provinsi Sultra saat meninjau UNBK di SMAN 4 Kendari. (Foto: Nova Eliza/SULTRAKINI.COM)

Hal itu disampaikan Damsid saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMAN 4 Kendari. Menurutnya, pelaksanaan UNBK memang membutuhkan persiapan sarana yang cukup besar, baik yang berhubungan dengan PLN maupun Telkom. Saat ini, kata dia, semua persiapan sudah aman.

"Selain dari pihak PLN dan Telkom kita juga sudah meminta kepada pihak sekolah penyelenggara UNBK untuk menyisipkan genset guna mengantisipasi terjadinya pemadaman lampu," katanya.

Kepala SMAN 4 Kendari, Tenggaruddin mengaku telah menyiapkan genset cadangan. Namun persiapan tersebut masih sangat minim, sebab genset tersebut tidak mampu menanggung semua kapasitas komputer di 7 ruang ujian.

"Kita sudah menyiapkan gensetnya, tapi masih menjadi masalah karena kapasitas genset yang disiapkan tidak mampu untuk memenuhi semua kapasitas komputer yang ada. Hal tersebut merupakan kendala yang serius bagi kami," jelasnya.

Ia berharap, dalam proses pelaksanaan UNBK peserta tidak mengalami masalah termasuk dalam teknis kelistrikan, sehingga para siswa dapat menjalankan ujian dengan lancar.

Laporan: Nova Aliza

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations