SULTRAKINI.COM: KENDARI - Kota Kendari Sabtu (29/4/2017) malam dilanda macet, terutama di kawasan pusat kota. Disinyalir gara-gara info hoax hadirnya bintang dangdut asal Baubau, Fildan, di penutupan acara Halo Sultra.
Gara-gara Hoax Fildan, Kendari Macet
Kawasan Tugu Religi Sultra dipadati warga yang menonton penutupan Halo Sultra, Sabtu (27/4/2017).Foto:Gugus Suryaman/SULTRAKINI.COM

Info tampilnya Fildan itu beredar luas di media sosial, baik Facebook, Instagram, bahkan cerita dari mulut ke mulut para pedagang di pasar. Akibatnya, masyarakat tumpah ruah di lokasi perayaan Hari Ulang Tahun Sulawesi Tenggara ke-53 di kawasan tugu religi MTQ Square.

Sejumlah ruas jalan protokol hingga by pass dipadati kendaraan dan orang-orang yang ingin menonton Fildan. Di Jalan Saosao, parkiran kendaraan mulai dari perempatan kantor pajak. Di by pass, mulai dari perempatan Wuawua kendaraan sudah sangat padat. Begitu pula di jalur Mandonga-Puuwatu dan arah Kemaraya.

Parahnya, pedagang di pasar pun tutup lebih cepat dari biasanya demi ingin hadir menyaksikan bintang di acara salah satu tv nasional itu.

Seperti dituturkan salah seorang warga Kendari, Sarjono, yang mengaku terkejut dengan hal itu saat sore harinya berbelanja ikan kering di Pasar Basah Kendari.

"Masa' katanya itu ibu penjual ikan, cepat-cepat mi kita mau tutup, mau pergi nonton Fildan di MTQ," tutur Sarjono kepada sultrakini.com.

Dua wanita asal Ameroro Kabupaten Konawe, Kiki dan Merly, yang sempat berbincang dengan sultrakini.com di lokasi acara, mengaku datang ke Kendari bersama rekan-rekannya satu mobil, demi menonton Fildan tampil. Informasi itu diperoleh dari rekannya.

Dalam acara penutupan Halo Sultra, artis nasional yang dihadirkan panitia adalah grup band Jamrud. Tidak ada Fildan seperti yang digembar-gemborkan.

Pembawa acara penutupan Halo Sultra mengumumkan bahwa seharusnya Fildan diminta datang, namun belum diizinkan pihak penyelenggara acara kontes dangdut DA Academy.

Meski demikian, warga tidak kecewa Fildan tak jadi tampil. Jika nantinya Fildan datang ke Kendari, mereka akan datang lagi.

"Suka dengan suaranya dan dia bisa main semua alat musik," ucap Kiki dan Merly saling menimpali.

Salah seorang warga Kolaka, Ayhu, sejak jauh hari bertanya kepada wartawan Sultrakini mengenai acara penutupan Halo Sultra. Dia mengaku hadir di acara puncak. Tak hanya dari Kolaka dan Unaaha, warga Konawe Selatan pun berbondong ke ibukota.

Ida, salah seorang warga Kendari justru sebaliknya. Dia maklum Fildan tidak datang karena kontesnya belum usai. "Dia kan masih tiga besar, belum diizinkan keluar," katanya sambil mengaku bangga dengan adanya Fildan di kancah musik nasional.


Laporan: Gugus Suryaman

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations