Efek HUT Sultra ke-53, Pegawai Konkep Malas Berkantor

  • Bagikan
Asisten III Konkep, Abdul Fattah, usai mengontrol jalannya kerja bakti dan pegawai yang tidak berkantor. (Foto: Kalvin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Disiplin pegawai di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menurun akibat perayaan Hari Ulang Tahun Sultra ke-53 yang berpusat di Kota Kendari.

Terlihat sejumlah instansi nyaris kosong sejak 26-27 April 2017. Bahkan dini hari hanya segelintir pegawai yang nampak melakukan aksi bersih-bersih di depan halaman kantor.

Menurut Asisten III Konkep, Abdul Fattah, momen HUT Sultra dimanfaatkan sejumlah pegawai untuk tidak berkantor seperi hari-hari biasanya. “Saya katakan ini dijadikan pegawai bermental pemalas untuk tidak masuk berkantor,” katanya ditemui di halaman Kantor Bupati Konkep, Kamis (27/04/2017).

Mantan Kepala Badan Kepegawaian ini menjelaskan, seharusnya efektifnya pegawai berkantor yakni hari Rabu (26/04), sebab informasi pelaksanaan kegiatan di Kota Kendari, acara pawai berlangsung hari Senin (24/04) sore. Sehingga para pegawai kembali ke kabupaten Konkep pada Selasa (25/04). Apalagi transportasi laut tetap beroperasi setiap hari.

Namun faktanya, sejumlah kantor tertutup, misalnya Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Kantor Pertanahan melalui pemantauan langsung Abdul Fattah di setiap instansi Konkep kemarin (26/04). Begitu juga tingkat kehadiran pegawai pada 26-27/04/2017 berkisar 50 persen. Untuk tindakan lebihlanjut, hasil pantauan tersebut akan dilaporkan ke Bupati Wakil Bipati dan Sekda Konkep.

“Setelah semua pegawai masuk berkantor, kami akan tanyakan kepimpinannya langsung siapa-siapa pegawai yang memiliki surat perintah tugas (SPT). Jika tidak memiliki surat tugas, tentulah akan ada sanksi tegas terhadap pegawai bermental pemalas,” tegas Abdul Fattah.

Laporan: Kalvin

  • Bagikan