Dua Nama Mencuat Pasca Ridwan Bae Mundur di Bursa Pencalonan Partai Golkar

  • Bagikan
Ridwan Bae. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pasca mundurnya Ridwan Bae sebagai calon gubernur Sulawesi Tenggara, Partai Golkar dari DPD 17 kabupaten/kota mulai menetapkan nama alternatif rekomendasi partai pengganti kader Golkar itu pada rapat pimpinan daerah khusus, Sabtu (23/9/2017).

Hasil keputusan DPD dari 17 kabupaten/kota, memunculkan tiga nama calon akan diusulkan di DPP diantaranya Rusman Emba, Asrun, serta satu nama yang akan diputuskan diinternal DPD tingkat I melalui rapat pleno.

Ketua DPD Golkar Muna barat, Uking Djasa mengatakan kemunduran Ridwan Bae yang juga DPW Golkar tersebut sempat membuatnya kaget. Namun terlepas dari itu, sejumlah nama calon telah masuk daftar usulan partai.

“Penentuan nama-nama itu berdasarkan latar belakang masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Tapi beberapa nama itu harus punya komitmen tinggi untuk membesarkan partai Golkar, khususnya di Sultra,” terang Uking mewakili pandangan seluruh pengurus DPD kabupaten/kota saat Rapimdasus Golkar di salah satu hotel di Kendari, Sabtu (23/9/2017).

Menyikapi beberapa nama yang diajukan sebagai pengganti dirinya dibursa pencalonan gubernur partai Golkar, Ridwan Bae menyepakati dan satu nama yang akan diusulkan beserta dua calon yang akan rekomendasikan di DPP. 

“Dalam anggaran dasar dan rumah tangga partai itu, minimal DPD menyerahkan tiga sampai lima orang yang akan diusulkan. Tapi berdasarkan putusan internal DPD II tadi, hanya menetapkan dua nama sesuai potensi daerahnya, jadi kurang satu lagi, jadi perlu kita menetapkan satu lagi, itu kita akan plenokan lagi, bisa jadi satu nama itu dari kepulauan,” jelas Ridwan Bae.

Lebih lanjut, Ridwan menjelaskan beberapa nama ini harus betul-betul memiliki komitmen yang tinggi untuk membesarkan partai dan harus sepakat dengan beberapa fakta integritas yang ditentukan partai untuk membangun pembangunan di Sultra ” jadi kalau misalkan mereka tidak sepakat dengan pakta integritas itu , itu bisa menjadi bahan penilai partai, ” tambahnya.

Dua nama yang disepakati tersebut akan diantarkan langsung oleh pengurus 17 DPD kabupaten/kota ke DPP selambat-lambatnya hari Jumat, ditambah satu nama hasil rapat pleno. Penetapan tiga nama tersebut berdasarkan aturan internal partai.

(Baca juga: Mendadak Sakit, Ridwan Bae Jadwalkan Ulang Lamar Endang)

(Baca juga: Ridwan Bae Tanggapi Perkataan “Merakyat” Bupati Muna Barat)

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan