Dinkes Mubar Himbau Warga Waspada Penyakit Musim Hujan

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Kabupten Muna Barat, Laode Maha Jaya. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat menghimbau masyarakat melalui kepala puskesmas untuk mewaspadai penyakit di kala musim penghujan tiba, Selasa (13/6/2017). Hal ini diungkapkan Kepala Dinkes Mubar, Laode Maha Jaya usai mendapat instruksi dari Dinkes Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Saya telah menyurati seluruh kepala puskesmas se-Muna Barat untuk memantau dan melakukan sosialisasi di wilayah kerjanya masing-masing guna menindaklanjuti dengan cepat hal-hal yang sifatnya emergency (darurat),” jelas Kepala Dinkes Mubar, Laode Maha Jaya melalui sambungan telepon.

Wilayah Mubar sering diguyur hujan sejak awal Juni 2017. Sehingga pengantisipasian wabah penyakit di musim itu juga dilakukan pihaknya. Umumnya penyakit sering diderita masyarakat seperti flu, batuk, diare, infeksi saluran pernafasan (ISPA), malaria dan demam berdarah dengue (DBD).

“Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mengantisipasi penyakit pancaroba itu dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” kata Maha Jaya.

Tindakan pencegahan juga bisa dilakukan melalui pemberian abate, kaporit maupun tawas di dalam sumur guna terhindar dari jentik nyamuk DBD.

Sejauh ini Dinkes Mubar belum mendapatkan laporan atau temuan terkait penyakit musin penghujan dari puskesmas maupun masyarakat setempat.

Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan