Desa Ulusawa Terima KB Gratis dan Dibimbing Memaknai Kehidupan Berkeluarga

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Google)

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Desa Ulusawa, Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara menerima penyuluhan dan pelayanan KB gratis dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana setempat, Jumat (8/9/2017). DPPKB juga sekaligus memberikan pembekalan terdapat kader bina keluarga balita (BKB), bina keluarga remaja (BKR), dan bina keluarga lansia (BKL).

Sebanyak 60 pegawai DPPKB, bertugas melayani masyarakat desa yang hendak melakukan pemasangan alat kontrasepsi gratis, misalnya implan. Ada juga pemberian obat serta penyuluhan pentingnya KB dalam keluarga. Masyarakat tak lupa dikenalkan sejumlah program KB yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan, menghindarkan para remaja dari pernikahan dini, pergaulan seks bebas, dan narkoba.

Kepala DPPKB Konut, Kasim Pagala mengatakan kedatangan mereka ikut memberikan bimbingan kepada para kader bina keluarga dalam meningkatkan profesionalitas melakukan pendampingan dan bimbingan kepada masyarakat tentang penataan hidup sehat.

“Kegiatan ini rutin kami lakukan untuk mensukkseskan program Konasara. Oleh karena itu perlunya mengajak dan mengingatkan masyarakat mendatangi dari pintu ke pintu oleh tenaga PKB/PLKB, itu lebih efektif jika dilakukan pendekatan dengan memberikan pemahaman khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah daerah prioritas, seperti pinggiran, kumuh, dan padat penduduk serta kepesertaan ber KB nya kurang,” jelas,” kata Kasim melalui sambungan telepon.

Kegiatan yang bertemakan “Jumat Barokah” itu, dirangkaikan dengan pembenahan rumah masyarakat desa seperti, perbaikan dinding rumah, alap, dan lantai rumah.

Laporan: Arifin Lapotende

  • Bagikan