Bupati Wakatobi Luncurkan 500 Kartu Pendidikan Bersinar

  • Bagikan
Bupati Wakatobi, H. Arhawi memberikan Kartu Pendidikan Bersinar secara simbolis kepada salah satu siswi SMP. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Bupati Wakatobi, H. Arhawi meluncurkan 500 lembar kartu pendidikan bersinar untuk siswa dan mahasiswa miskin berpresrasi, Senin (27/2/2017). Kartu ini hanya berlaku bagi siswa SD dan SMP, serta mahasiswa asal Wakatobi.

Arhawi menjelaskan, kartu ini tidak diberikan kepada pelajar SMA sederajat, karena kewenangannya telah diambil alih oleh pemerintah provinsi. Namun bagi pelajar SMA yang telah lulus dengan nilai tinggi tapi tidak memiliki biaya untuk lanjut, dapat diberikan beasiswa melalui program kartu pendidikan bersinar ini.

“Untuk yang sudah lulus SMA dan ingin ke jenjang yang lebih tinggi kami sudah siapkan biasiswa,” katanya.

Kartu ini, lanjut Arhawi, diberikan kepada siswa yang belum menerima Kartu Indonesia Pintar dari pemerintah pusat. “Kalau sudah ada yang dapat kartu pintar dari pusat, maka tidak diberikan lagi kartu pendidikan bersinar,” jelasnya.

Diketahui, saat ini ada sektar 300 anak Wakatobi yang putus sekolah, karena orang tuanya tak mampu membiayai sekolahnya. 

Diharapkan program ini bisa membantu dan menekan angka siswa putus sekolah karena biaya.

  • Bagikan