Basarnas Hentikan Pencarian KM. Manusela Permai 03

  • Bagikan
Kepala Kantor SAR Kendari Muslimin saat diwawancarai sejumlah awak media. Basarnas menghentikan proses pencarian KM. Manusela Permai 03 setelah hampir dua pekan melakukan pencarian namun tak kunjung d

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kepala Kantor SAR Kendari Muslimin menegaskan akan menghentikan proses pencarian KM. Manusela Permai 03 yang hilang diperairan Binongko, Wakatobi sejak Sabtu (21/1/2017) lalu. Kapal yang memuat 11 ABK tersebut hingga saat ini masih belum ditemukan keberadaannya.

Selama berhari-hari melakukan upaya pencarian, tim Basarnas belum menemukan pertanda keberadaan KM. Manusela Permai 03 meskipun telah menambah armada yang didukung KN. SAR Pacitan dan Rescue Boat (RB) 307 dari Basarnas Kendari. 

“Sampai hari ini masih nihil, upaya perluasan wilayah pencarian juga sudah kita lakukan sejak tanggal 1 Februari hingga wilayah Ambon, Maluku,” ungkap Muslimin kepada awak media, Jumat (3/1/2017).

Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Basarnas, pencarian dilakukan selama tujuh hari. Namun karena sudah masuk 15 hari operasi pencarian harus dihentikan.

Muslimin menambahkan faktor cuaca ekstrim yang sering terjadi di Perairan Wakatobi dan Laut Banda juga menjadi salah satu hal yang membuat proses pencarian selalu terkendala, angin kencang sampai 40 knot dan gelombang tinggi mencapai 3 meter.

“Hari ini juga operasi pencarian saya hentikan,” pungkasnya.

Laporan : Rian Adriansyah

  • Bagikan