Barat Laut Lasusua Diguncang Gempa 4.1 Skala Richter

  • Bagikan
Analisis BMKG Kendari. (Foto: BMKG Kendari)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Gempa bumi tetonik mengguncang wilayah Barat Laut Lasusua dan sekitarnya, Sabtu (20/5/2017). Lokasi guncangan tepatnya berada di koordinat 3.45 LS-120.77BT sekitar 36.7 kilometer Barat laut Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari menganalisis gempa terjadi pukul 11:11:26 Wita, berkekuatan 4.1 skala richter pada kedalaman laut 20 kilometer. guncangan gempa tidak menimbulkan tsunami. 

Dalam peta tingkat goncangan (Shakemap) BMKG, menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan kuat dirasakan di Lasusua dalam skala intensitas II SIG-BMKG  (III-IV MMI). Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Kolaka yang melalui Barat Laut Lasusua.

“Di daerah ini goncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang. Sampai dengan saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” singkat Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kendari, Rosa Amelia, S.Si lewat pesan WhatsApp pukul 15.58 Wita.

Pihaknya juga belum mendeteksi adanya aktivitas gempa susulan. Namun demikian, masyarakat dihimbau tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Serta mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan BMKG.

  • Bagikan