820 Rumah dari BSPS akan Dirasakan Warga Pra Sejahtera di Muna

  • Bagikan
Bupati dan Wakil Bupati Muna, LM. Rusman Emba-Malik Ditu foto bersama perwakilan masyarakat yang mendapat bantuan BSPS. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Bupati dan Wakil Bupati Muna, LM. Rusman Emba-Malik Ditu menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada masyarakat pra sejahtera di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Penyerahan secara simbolis tersebut dalam bentuk tabungan senilai Rp 15 juta.

Bupati Muna, LM. Rusman Emba mengatakan bahwa sebetulnya banyak kebijakan nasional yang akan dijemput oleh pemerintahan sekarang ini dalam hal untuk pemenuhan kebutuhan rumah yang sehat dan layak huni bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera.

“Ini memang sudah menjadi tugas pemerintah, Insya Allah kita akan mengawal. Kalau hari ini bantuannya bedah rumah, kita akan mencari lagi sumber lain termaksud dari ABPD,” kata Rusman dalam sambutannya kepada masyarakat penerima bantuan BSPS di gedung aula Galampano, Senin (7/8/2017).

Terkait pembangunan di Kabupaten Muna, Rusman Emba menjelaskan selama 11 bulan di lantik menjadi Bupati Muna, dia bersama Wakilnya Malik Ditu, telah memulai membangun meskipun belum sempurna namun sudah bisa terlihat.

“Sedikit saya menyampaikan disamping bantuan BSPS. Jalan poros sepanjang kota Raha kita benahi tadinya 6-7 meter menjadi 17 meter. Begitu juga beroprasinya pesawat Garuda dan Lion Air di Bandara Sugimanuru serta pembangunan infrastruktur publik lainnya. Kalau daerah lain misalnya butuhkan lima tahun, kita bisa satu tahun menyelesaikan,” ujar Rusman.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukinan Muna, La Ode Hayadi mengungkapkan jumlah BSPS di tahun 2017 berjumlah 820 rumah, diantaranya berada di Kecamatan Bone, Kecamatan Batukara dan Kecamatan Wakorumba Selatan yang bersumber dari dana strategis serta Kecamatan Katobu.

“Bantuan ini nyata, ini adalah salah satu program pemerintah terhadap masyarakat yang berpenghasilan rendah dengan jumlah bantuan Rp 15 juta per rumah,” ucapnya.

Laporan: Arto Rasyid

  • Bagikan