SULTRAKINI.COM: WAKATOBI- Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara mendapatkan Dana Alokasi Khusus tahun 2017 senilai Rp 10 miliar dari Kementerian Pariwisata. DAK tersebut, diperuntukkan membangun fasilitas penunjang wisata demi peningkatan angka kunjungan wisatawan lokal, nasional dan internasional.
Wakatobi dapat DAK Rp 10 Miliar dari Kementerian Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar mengatakan, sejumlah fasilitas penunjang pariwisata akan bangun, termasuk dilakukan perbaikan sarana dan prasarana. "Di tahun 2017 ini kita mendapatkan DAK sebesar Rp 10 miliar. Dana ini kita akan membangun dan memperbaiki beberapa fasilitas penunjang pariwisata yang ada Wakatobi," katanya, Rabu (11/01/2017).

Dia menjelaskan, di Pulau Wangi-wangi akan diperbaiki restoran mini dan pembangunan pusat kuliner di wilayah Sombu Dive, perbaikan infrastruktur menuju mercusuar, perbaikan fasilitas di Danau Kapota, perbaikan infrastruktur menuju permandian Te'e Kue Maleko dan pembangunan lahan parkir di Puncak Toliamba. Selain itu, dibagun pula area khusus pedagang gorengan di by pass dan dermaga khusus sandaran kapal yacht (kapal layar ringan dan cepat) milik para turis.

Untuk Pulau Tomia, pihaknya melakukan perbaikan dan pembangunan fasilitas pendukung, seperti jogging track, gazebo, kawasan parkir dan fasilitas lainnya di Pantai Kampa dan Pantai Oro.

Pulau Kaledupa dan Pulau Binongko juga tidak luput dari peningkatan pembangunan fasilitas dan perbaikan objek wisata untuk kenyamatan para wisatawan. Bahkan Kabupaten Wakatobi sudah menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 40 ribu orang tahun 2017.

Laporan: Amran Mustar Ode

Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar (foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations