SULTRAKINI.COM: KENDARI - Debat pasangan calon Pilwali Kendari 2017 dimaksudkan untuk memaparkan kepada masyarakat terkait visi, misi, dan program masing-masing. Dengan pemaparan tersebut, diharapkan mempengaruhi masyarakat untuk memilih pasangan calon tertentu.
Najib Husain: Kualitas Debat Paslon Turut Menentukan Pilihan Masyarakat
Dr. Muhammad Najib Husain

Menurut Pengamat Politik Sulawesi Tenggara, Muhammad Najib Husain, debat pasangan calon tidak serta-merta mempengaruhi pilihan masyarakat. Debat pasangan calon baru memberikan pengaruh terhadap pilihan masyarakat ketika debat tersebut berkualitas.

"Pengaruh debat paslon sendiri persoalannya tergantung kualitas debat mereka. Kalau kualitasnya baik maka akan sangat berpengaruh terhadap pemilih yang belum menentukan pilihan dan pemilih yang sudah menentukan pilihan," terangnya di Aula FISIP UHO, Rabu (11/1/2017) siang.

Ia menambahkan, jika kualitas debatnya baik, pengaruhnya bisa mencapai 60 persen terhadap pemilih yang belum menentukan pilihan. Begitu pula bagi pemilih yang sudah menentukan pilihan bisa mengubah pemilih terhadap pilihan sebelumnya sampai 5 persen.  

"Di debat pertama lalu, kualitas ketiga pasangan calon masih sangat jauh dari aspek mempengaruhi pemilih apalagi mempengaruhi pemilih yang belum menentukan sikap. Ini yang harus diperbaiki ketiga pasangan calon di debat selanjutnya," tegas Akademisi UHO ini.

Najib berpesan agar ketiga pasangan calon di debat kedua yang akan rencananya akan digelar akhir Januari 2017 daat dimaksimalkan dengan baik oleh ketiganya. "Di debat terakhir harus digunakan sebagai momentum untuk dapat meningkatkan elektabilitas para paslon ini dengan berkaca dari tampilan sebelumnya," tutupnya.

Laporan: Didul Interisti

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations