SULTRAKINI.COM: KONAWE - Buntut perseteruan dua yayasan pengelola Universitas Lakidende (Unilaki) berdampak pemecatan beberapa dosen. Kubu Yayasan Lakidende Razak Porosi (YLRP) diduga memecat dosen yang terlibat mendukung pihak yang berseberangan dengannya, yakni Yayasan Lakidende(YL).
Kisruh Unilaki, Delapan Dosen Dipecat
Festival Kota Tua Bouton
SK Pemecatan delapan dosen Unilaki yang dilakukan oleh kubu Yayasan Lakidende Razak Porosi (foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

Festival Kota Tua Bouton

Pemecatan delapan dosen tetap Unilaki tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan yang dikeluarkan Ketua Dewan Pembina Yayasan Lakidende Razak Porosi, Siti Aminah Razak Porosi bernomor 135/YYSN-LDK-RPR-XII/2016, tertanggal 28 Desember 2016.

Delapan orang nama itu, yakni Drs. H. Syafruddin Pasuay,M.Si, Saasa, S.Pd.,M.Hum, Untung, SS., M.Pd, Nur Jana, Anie Wulandari Azis,S.Pd., M.Pd, Darmin, S.Pd., M.Pd, Rety Reka Merlins, S.Sos., M.A, Hasni Agili,S.Pd., M.Pd. Keterangan dalam SK, ke delapan orang tersebut ditulis dengan kecerangan diberhentikan dengan tidak hormat.

Salah seorang sumber yang meminta namanya dirahasiakan menyebutkan, delapan dosen yang dipecat itu lima diantaranya adalah dosen Jurusan Bahasa Inggris. Dua lainnya berasal dari dosen Jurusan Ilmu Administrasi dan satu orang dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

"Kami sayangkan dengan adanya pemecatan ini. Sebab, ini sudah turut mengganggu kegiatan akademik yang ada di Unilaki. Selain itu, pemecatan atas nama YLRP, tidak prosedural karena dosen-dosen itu diangkat atas nama YL," tandasnya, Rabu (11/01/2017).

Sebagaimana diketahui, dualisme yayasan pengelola Unilaki hingga kini masih terus memanas. Konflik itu sendiri telah melibatkan mahasiswa, dosen, birikrasi kampus dan dua pengelola yayasan yang saling klaim. Selain pemecatan dosen oleh kubu YLRP, kubu YL juga telah melakukan pelaporan terhadap kubu YLRP dalam hal ini Hj. Siti Aminah ke Polda Sultra pada tanggal 5 Januari lalu.

Laporan: Mas Jaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations