SULTRAKINI.COM: KENDARI - Menghadapi Pilwali Kota Kendari, ternyata masih banyak masyarakat yang belum menentukan pilihannya. Berdasarkan rilis survey yang dikeluarkan Program Studi Ilmu Politik FISIP UHO, Rabu (11/1/2017) siang, sebanyak 32 persen pemilih belum menentukan pilihannya ke salah satu pasangan calon di Pilwali Kendari 2017.
FISIP UHO: 32 Persen Pemilih Pilwali Kendari Belum Tentukan Pilihan
Festival Kota Tua Bouton
Rilis Hasil Survey Dukungan Pemilih di Pilwali Kota Kendari (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

Festival Kota Tua Bouton

Besarnya persentase tersebut, Ketua Prodi Ilmu Politik FISIP UHO, Eka Suaib, mengatakan ada tiga faktor yang menyebabkan pemilih belum menentukan pilihannya. Ketiga faktor tersebut yakni sikap apatis dari pemilih, pemilih yang masih merahasiakan pilihannya, dan pemilih yang belum menentukan sikap.

Untuk pemilih yang belum menentukan sikap sendiri disebabkan berbagai faktor. "Faktor yang membuat demikian karena mereka masih ingin melihat program yang ditawarkan, siapa tokoh yang mengajak, konten iklan di media, mengikut pilihan yang dominan di lingkungannya, ajakan orang terdekat, kesamaan suku, mesin partai, dan lingkungan tempat bekerja," papar Eka.

Jumlah pemilih ini sendiri berprofesi sebagai petani, nelayan, pedagang, buruh, dan PNS. Untuk petani, nelayan, pedagang, dan buruh berdalih belum mengenal pasangan calon yang ada. "Lain halnya dengan PNS yang masih memilih merahasiakan pilihan mereka," ujarnya.

Kata Eka, untuk meraih suara dari pemilih ini, setiap pasangan calon beserta timnya dapat memanfaatkan berbagai faktor yang menyebabkan pemilih ini untuk menentukan pilihannya. "Kalau ini bisa dimaksimalkan, suara ini bisa didapat," tutupnya.

Laporan: Didul Interisti

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations