SULTRAKINI.COM: KONAWE- Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, tercatat sebagai salah satu daerah yang paling banyak peserta nikahnya. Setiap tahunnya Kantor Urusan Agama (KUA) mencatat lebih dari dua ribu pasangan calon suami istri mendaftarkan diri.
Kemenag Konawe: Sepanjang 2016 Terjadi 2.135 Pernikahan
Festival Kota Tua Bouton

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Konawe, H. Muh. Nasir menuturkan, pihaknya tidak pernah merengking jumlah nikah per kabupaten/kota yang terbanyak di Sultra. Akan tetapi, dirinya tidak memungkiri jika jumlah peserta nikah di Konawe, terbilang cukup tinggi. Misalnya, sepanjang tahun 2016 jumlah pernikahan mencapai 2.135 pernikahan di Konawe. 

"Jumlah ini cukup tinggi dan cenderung naik jika dibanding tahun sebelumnya," jelasnya, Selasa (10/01/2017). 

Dibandingkan tahun 2015 lalu lanjut Nasir, jumlahnya berada di angka 2.077 pernikahan. Jumlah ini, temasuk catatan pernikahan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). "Hingga tahun 2016, pernikahan di Konkep masih ikut tercatat di Kemenag Konawe. Nanti tahun ini baru lepas," terangnya. 

Nasir merasa bersyukur dengan tingginya angka nikah yang tercatat di KUA. Kata dia, hal tersebut bisa jadi indikator pernikahan yang terjadi di Konawe sudah lebih banyak dilakukan bersama KUA setempat, bukan melalui pernikahan dibawah tangan atau nikah sirih.

Laporan: Mas Jaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations