SULTRAKINI.COM: BUTON - Koodinator Nasional (Kornas) Tim Reaksi Cepat (TRC) Perlindungan Anak (PA), Naumi Lania, memberikan bantuan permainan edukatif pada anak-anak di rumah baca Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Desa Bajo Bahari, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (9/1/2017).
Kornas TRC Perlindungan Anak Bantu Rumah Baca Desa Bajo Bahari Buton
Koodinator Nasional (Kornas) Tim Reaksi Cepat (TRC) Perlindungan Anak (PA), Naumi Lania, didampingi jajaran kepolisian Polres Buton foto bersama anak-anak di rumah baca Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Desa Bajo Bahari, Senin (9/1/2017). Foto: La Ode Ali/SultraKini.com

Bunda Naumi sapaan akrab Naumi Lania, saat diwawancarai SultraKini.com, mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian terhadap anak Indonesia, khususnya di Desa Bajo Bahari, dengan harapan agar anak-anak di desa tersebut bisa lebih cepat belajar dengan menggunakan permainan edukatif.

"Agar anak-anak disini (Bajo Bahari) bisa lebih cepat belajar," harap Naumi.

Selain bantuan permainan edukatif, istri mantan Bupati Banggai Kepulauan ini mengatakaan TRC PA juga akan memberikan bantuan berupa buku-buku bacaan dan dongeng kepada anak-anak asuhan Bhabinkamtibmas , Brigadir Al Muhalid dan Babinsa Koptu Sutardi Rumah Baca yang didirikan Kapolres Buton, AKBP Andi Herman S.Ik.

"Insya Allah akan memberikan bantuan buku kepada anak-anak di sini (Bajo Bahari)," janjinya.

Amatan media ini, Naumi Lania, yang didampingi Korwil Sultra, La Ode Ali dan Korda TRC PA Kota Baubau Defriatno Neke bersama Wakapolres, Kompol Totok Handoyo S.Ik beserta anggota Polres Buton lainnya tiba di Desa Bajo Bahari sekitar Pukul 12.00 Wita setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit dari Kantor Polres Buton dan langsung menemuai anak-anak di rumah baca desa tersebut.

Sebelum mengunjungi rumah baca di Bajo Bahari, Naumi Lania, terlebih dahulu bertandang ke Polres Buton yang disambut Wakapolres Kompol Totok Handoyo S.Ik dan Kasatreskrim Iptu Hasanuddin, serta anggota Polres lain yang dilanjutkan dengan diskusi di Aula Mapolres Buton membahas tentang kekerasan anak dan kendala-kendala yang dialami Polres Buton.

Tidak hanya itu, Naumi Lania yang didampingi Korwil TRC PA Sultra, La Ode Ali juga bertemu dan berbincang dengan dua orang korban pencabulan anak di bawah umur yang kini ditangani Polres Buton.

Aktivis anak tersebut juga berdialog dan memperkenalkan kepada anak-anak di rumah baca tentang 10 hak anak yang harus dipenuhi oleh pemerintah, salah satunya hak memperoleh pendidikan dan pelayanan kesehatan yang baik.

Rencananya, 30 Januari 2017 Ketua Umum Komnas Anak, Aris Merdeka Sirait dan Sekjennya, Dhanang Sasongko, serta Master Healing Centet bersama tim lainnya akan berkunjung ke Buton dalam rangka mengunjungi rumah baca dan mengadakan seminar dengan tema "Memutus mata rantai kekerasan terhadap anak.”

Laporan: La Ode Ali

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations