SULTRAKINI.COM: KENDARI- Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam resmi menerima Pegawai Negeri Sipil tenaga pendidik dan kependidikan yang dialihkan dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi.
Guru Resmi Dialihkan ke Pemerintah Sultra, Jumlah untuk Guru 6.212 orang
Gubernur Sultra, Nur Alam (foto: Sarini Ido/SULTRAKINI.COM)

Sebanyak 6.822 orang dari tingkatan SMA, SMK dan SLB teralihkan ke provinsi dengan rincian, total guru 6.212 orang, tenaga administrasi 389 orang dan pengawas 221 orang.

Jumlah ini tersebar dari 340 sekolah di Sultra. Tepatnya, tingkat SMA 231 sekolah, SMK 96 sekolah dan tingkatan SLB 13 sekolah.

“PNS yang sudah di SK kan oleh BAKN (Badan Administrasi Kepegawaian Negara) 6.575 orang. sedangkan PNS yang belum ada SK BAKN 247 orang,” kata Nur Alam dalam pidatonya, Kamis (5/01/2017).

Terkait pengalihan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Damsid menjelaskan, masih ditemukannya kekeliruan dalam penetapan maupun penugasan para guru. Pihaknya beralasan, pemerataan tersebut menyesualikan surat keputusan lama dari walikota/bupati di daerah masing-masing.

“Dari guru-guru yang dipindahkan itu sesuai dengan penugasan yang terakhir di kabupaten/kota. Ada kekeliruan baik pada penempatan maupun tugas, seperti guru yang seharusnya di SMA 2, kemudian di tempatkan di SMA 1 itu kita gunakan SK terakhir dari walikota/bupati bersangkutan. Kedua, adanya pengawas tapi di dalam SK itu dia masih jadi guru,” jelasnya Rabu (4/01/2017).

“Akan ada evaluasi promosi kepala sekolah. Pengangkatan/pemberhentian kepsek, atau mutasi guru. Tapi kita tidak bisa langsung lakukan itu, dasar kita gunakan adalah dari kabupaten/kota. Sekarang baru kita terima. Prosesnya tidak seketika itu di putuskan Dikbud Sultra, tapi melalui gubernur memastikan merekavditempatkan sesuai,” lanjutnya.

Laporan: Sarini Ido

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations