SULTRAKINI.COM: KENDARI - Setelah menggelar Debat Publik Tahap I Pasangan Calon (Paslon) Pilwali Kendari, KPUD Kota Kendari kembali akan menggelar debat tahap II. Hal ini dikatakan Ketua KPUD Kota Kendari, Hayani Imbu, Jumat (29/12/2016) sore.
Ketiga pasang calon Pilwali Kendari saat debat pertama berfoto bersama moderator debat, Zainal Arifin Mochtar, Rabu (28/12/2016) malam. (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

Hayani mengungkapkan, Debat Publik Tahap II Paslon Pilwali Kendari akan digelar akhir Januari 2017. Hanya saja pihaknya belum menentukan waktu pastinya. "Tapi yang jelasnya kita rencana di atas tanggal 20 Januari," katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, di Debat Tahap II nanti pasangan calon akan mendapatkan tema yang berbeda dari debat sebelumnya. Namun, tema tersebut masih berhubungan dengan Kota Kendari. 

Dikatakan Hayani, untuk pertanyaan debatnya sendiri, pihaknya akan melibatkan tim yang berbeda dari yang sebelumnya. Begitu pula dengan moderator yang akan memandu jalannya debat. "Kita rencana pakai yang lain juga untuk moderatornya," ujarnya.

Untuk durasi debat tetap akan sama selama 120 menit. "Tapi kemungkinan stasiun TV-nya berbeda," terangnya.

Sementara untuk kuota undangan, melihat animo undangan yang hadir di debat sebelumnya, pihaknya juga berencana akan menambah jumlah undangan. "Rencananya kita tambah sampai 600 undangan karena kemarin banyak yang belum terakomodir," tandasnya.

Untuk diketahui, Debat Publik Tahap I Paslon Pilwali Kendari digelar Rabu malam, 28 Desember 2016. Tema debat di tahap ini berkaitan dengan pembangunan Kendari, korupsi, narkoba, perlindungan anak, dan pemberdayaan perempuan. Adapun moderatornya yakni Zainal Arifin Mochtar yang merupakan moderator Debat Tahap I Capres dan Cawapres 2014 lalu.

Sesi debat pada tahap pertama sendiri terbagi enam segmen. Segmen pertama berupa penyampaian visi-misi dari ketiga pasangan calon berdasarkan undian. Segmen kedua penajaman visi-misi pasangan calon. Segmen ketiga mulai masuk pada pendalaman tema debat. Segmen keempat beralih pada tanya jawab pasangan calon. Segmen kelima tanya jawab dan tanggapan masing-masing pasangan calon. Segmen keenam penutup dengan pernyataan penutup dari keenam calon.

Laporan: Didul Interisti

Facebook Conversations