SULTRAKINI.COM: BUTENG – Talaga Raya merupakan daerah yang dikategorikan bermedan berat dalam pelaksanaan pemilukada di Kabupaten Buton Tengah, khususnya dalam distribusi logistik yang dijadwalkan Februari 2017.
Pilkada 2017, Talaga Medan Berat Bagi KPU Buteng
Festival Kota Tua Bouton
Pulau Talaga yang di kelilingi pantai.

Festival Kota Tua Bouton

Komisioner KPU Buteng, Amir Ede mengatakan distribusi logistik di kepulauan Talaga ke depannya akan rawan karena waktu penyelenggaraan Pemilu telah memasuki musim Barat, keras ombak.

Untuk mencapai Talaga, dari induk kabupaten di Mawasangka, masyarakat menggunakan transportasi kapal laut. Demikian pula untuk distribusi logistik pemilukada.

KPU akhirnya melakukan langkah koordinasi dengan instansi terkait, seperti kepolisian guna mendapatkan solusi dalam hal penanganan logistik dimaksud.

"Kami sudah konsultasikan dengan pihak kepolisian bagaimana solusi yang harus diambil kedepannya,” kata Amir kepada SultraKini.com, Selasa (20 Desember 2016).

Amir Ede membandingkan kalau daerah Batu Atas di Buton pihak kepolisin menggunakan helikopter untuk distribusi logistik di sana.

Selain itu, KPU Buteng saat ini sementara mempersiapkan titik-titik koordinat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap desa dan kecamatan guna memudahkan pemantauan ke depan.

PPS  telah dimintakan untuk menunjukkan lokasi yang akan diambil titik koordinatnya.

Hal lain yang dilakukan KPU Buteng adalah melaksanakan sosialisasi DPT pada masyarakat Buteng. Tujuannya agar masyarakat yang belum terdaftar namanya di DPT yang telah di plenokan KPU segera melakukan perekaman E-KTP di Dukcapil sebelum hari pemilihan.

Sasaran sosialisasi ini adalah perwakilan pemuda, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat setiap desa agar hak pilih masyarakat bisa tersalurkan.

Menurut Amir, dari tujuh kecamatan yang dilakukan sosialisasi, ilahi-lahi kecamatan Talaga yang belum disentuh.

Laporan: Ali Mariati                                                                                     Editor: M Djufri Rachim

Festival Kota Tua Bouton
Komisioner KPU Buteng, Amir Ede (baju putih).

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations