SULTRAKINI.COM: KENDARI - Hadirnya era digital di tengah-tengah masyarakat dewasa ini tak ada siapapun yang sanggup menghentikannya, yang bisa dilakukan hanyalah mengadaptasinya dalam segala sisi kehidupan umat manusia.
Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHO memberikan materi pelatihan internet sehat kepada perwakilan SMA sederajat se Kota Kendari. (Foto: Sarini Ido/SULTRAKINI.COM)

Hal itu dikatakan, M Djufri Rachim, dosen perkembangan teknologi komunikasi pada Jurusan Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di hadapan puluhan siswa-siswi SLTA peserta pelatihan Jaringan Informasi dan Komunikasi Menuju Internet Sehat, se Kota Kendari, 17 November 2016.

Pelatihan siswa diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendari, melibatkan media online SultraKini.com untuk mengajari secara teknis tentang pemanfaatan media dan internet sehat.

Menurut Djufri, perkembangan teknologi komunikasi menggiring sisi-sisi kehidupan manusia ke arah yang lebih cepat dan efisien.

“Misalnya informasi yang terjadi di sekolah di Kota Kendari dalam waktu sekejap sudah bisa diketahui oleh orang lain di berabagi penjuru dunia melalui saluran internet,” katanya mencontohkan.

Dalam hubungan itulah maka diharapkan kepada setiap siswa agar mampu menyampaikan segala informasi yang ada di lingkungan sekolahnya dan bersifat positif melalui saluran internet, sehingga dapat mengangkat citra positif sekolah bahkan daerah bersangkutan.

Usai mengikuti teori di kelas, peserta pelatihan diajarkan secara teknis tentang teknik pengggunaan internet dan membuat konten berupa news dan upload foto yang berkaitan dengan kegiatan di sekolah setiap siswa peserta. 

Kegiatan serupa diharapkan bisa berkesinambungan sehingga pemanfaatan jaringan komunikasi melalui media online secara sehat dapat menyebarluas dengan baik.(adv)

Laporan: Sarini Ido

Facebook Conversations