SULTRAKINI . COM : BUTON - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton bakal mendistribusikan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry (Umar - Bakry) pada titik - titik kampanye yang telah ditentukan diwilayah Kabupaten Buton.
Ketua KPUD Buton, Alimudin Sikuru.Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM

"Baru masuk ini di KPU, jadi mungkin satu dua hari ini kita baru akan distribusikan di titik - titik kampanye yang sudah ditentukan,"kata Alimudin saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (6/12/2016).

Namun sebelum itu, lanjut Alimudin, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan rapat bersama panitia pemilihan kecamatan (PPK) ataupun berkoordinasi dengan Lisiaon Officer (LO) Paslon mengenai pendistribusian APK dan bahan kampanye tersebut, apakah dilakukan oleh PPK atau LO itu sendiri.

"Pendistribusiannya mungkin akan melalui PPK atau kita akan ketemu dulu dengan LO, mekanismenya seperti apa, apakah kita serahkan ke LO, lalu mereka yang pasang atau atau bagaimana,ini yang belum kami rapatkan,"jelasnya.

Selain itu, Paslon juga bisa menambah APK maupun bahan kampanye dari jumlah yang telah disiapkan KPU.Namun, penambahan itu dibatasi oleh aturan yang ada, dimana Paslon boleh menambah 150 persen dari APK yang ada, dan menambah 100 persen dari bahan kampanye. Namun, untuk desainnya itu tetap berpedoman pada Peraturan KPU.Sedangkan mengenai master desainnya diserahkan ke LO ataupu Paslon.

"Misalnya APK yang disediakan KPU itu 3000 , maka Paslon boleh menambahkan 150 persen dari jumlah yang ada, begitu juga dengan bahan kampanye, "ujarnya.

Alimudin menyebutkan, bahwa APK yang disiapkan KPU yaitu Baliho 5 lembar, umbul - umbul 140 lembar dan Spanduk 190 lembar.Sedangkan bahan kampanye yang terdiri dari brosur, pamflet,selebaran, dan poster masing - masing 35.804 lembar.


Reporter : La Ode Ali

Facebook Conversations