SULTRAKINI.COM: KENDARI - 3.140 orang dinyatakan tidak lulus pada jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Halu Oleo tahun akademik 2017/2018. Jumlah itu, terhitung dari total pendaftar SMMPTN UHO sebanyak 7.285 orang.
3.140 Orang Tak Lulus SMMPTN UHO, Klik Infonya di Sini
Wakil Rektor I Bidang Akademik UHO, La Hamimu ditemui di ruang kerjanya. (Foto: Sarmila/SULTRAKINI.COM)
Festival Kota Tua Bouton

Wakil Rektor I Bidang Akademik UHO, La Hamimu mengatakan lulusan pilihan pertama sebanyak 2.806 orang, pilihan dua 416 orang, pilihan ketiga 537 orang, pilihan keempat 309 orang dan pilihan kelima sebanyak 76 orang. Dia juga sebelumnya memprediksikan, pilihan pertama dan kedua terbanyak kelulusannya.

Untuk selanjutnya, peserta dinyatakan lulus bisa membayar uang pangkal melalui bang tertentu sesuai rekomendasi pihaknya sampai batas waktu Senin, 14 Agustus 2017.

"Jika tidak, mereka tidak akan terdaftar di fakultas dan jurusan tujuan mereka," terang La Hamimu, Senin (7/8/2017).

Kelulusan SMMPTN sesuai target daya tampung, terdata ada di 16 program studi. Misalnya daya tampung di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Prodi Ilmu Komunikasi yakni 295 orang sama dengan jumlah kelulusannya. Begitu juga di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prodi Ilmu Keolahragaan berdaya tampun 60 orang dan jumlah kelulusannya juga sama.

Ada juga prodi jumlah kelulusan jauh dari jumlah daya tampung. Seperti Fakultas Pertanian Prodi Proteksi Tanaman memiliki daya tampung 130 orang, namun kelulusan hanya 24 orang. Sama halnya di FKIP Prodi Pendidikan Fisika dengan daya tampung 100 orang sedang kelulusannya mencapai 45 orang.

Peserta yang lulus merupakan hasil perhitungan nilai dari keikutsertaannya dalam seleksi Computer Based Test, Ujian Nasional dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tetapi bagi yang tidak mengukuti SBMPTN, hanya dimasukkan dua sumber nilai, yakni CBT dan UN.

"Mereka ada sekitar 3000 orang. Saya sudah minta di panitia pusat, nilai mereka yang tes SBMPTN beberapa waktu lalu," ungkap La Hamimu.

Untuk informasi kelulusan pendaftar melalui jalur SMMPTN tahun akademik 2017/2018 di UHO bisa mengunjungi laman http://smmptn2.uho.ac.id/.


Laporan: Sarmila

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations